Cara Membuat Suara Lebih Jernih Dengan Auto Tune

Cara Membuat Suara Lebih Jernih Dengan Auto Tune | Suara yang jernih dan tidak fals, tentu sangat diinginkan oleh anda yang hobi bersenandung. Terlebih sekarang anda bisa duet nyanyi secara online hanya dengan menggunakan aplikasi android. Tentu, anda ingin suara anda terdengar jernih, bagus dan tidak fals.

Menyanyi dengan suara yang jernih, tentu akan meningkatkan tingkat percaya diri anda. Namun sayang, terkadang suara kita mendapatkan gangguan atau memang secara alami sudah tidak jernih. Hehe….

Tenang aja, anda tetap bisa bernyanyi dengan suara yang jernih dan sangat merdu. Di era digital seperti sekarang ini, apa sih yang gak mungkin. Semakin mudahnya khalayak mengakses teknologi canggih, maka berbagai macam rekayasa bisa dilakukan. Mulai dari rekayasa image (foto/gambar), rekayasa video sampai dengan rekayasa suara.

Auto Tune adalah teknologi yang sudah umum digunakan untuk membuat suara terdengar lebih bagus. Para selebritis juga sudah tidak tabu lagi untuk menggunakan teknologi auto tune untuk meningkatkan kualitas suaranya saat bernyanyi.

Wah, mereka kan berkantong tebal bisa membeli teknologi alat mixing dengan harga mahal. Tenang coy, untuk kita-kita berkantong tipis tidak perlu menggunakan alat mixing yang super mahal, cukup gunakan saja aplikasi android untuk melakukan auto tune. Toh, paling juga digunakan pada saat nyanyi menggunakan HP android kan. Hehehe….

Nah, karena ini sagat mudah, makanya saya kasih sub judul cara mudah membuat suara lebih jernih. Percaya deh, anda yang baru pegang HP android saja langsung bisa menggunakannya. Gak percaya? Langsung aja ikuti step by step berikut ini.

1. Instal dan Buka Aplikasi Voloco
Inilah aplikasi yang akan membantu anda membuat suara lebih jernih, lebih merdu, lebih enak didengar layak masuk dapur rekamana. Hehe…

Tidak perlu panjang lebar, silakan langsung aja anda instal aplikasinya. Gratis, ada di google pyal store. Silakan klik aja tautan di bawah ini :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jazarimusic.voloco

Kalau sudah selesai instalnya, langsung aja buka atau jalankan aplikasi voloconya. Ada 3 halaman tuh, Sing untuk membuat rekaman sendiri, Top Track rekaman buatan orang lain dan My Tracak rekaman yang anda simpan.

2. Tentukan jenis rekaman yang anda inginkan
Aplikasi ini tidak hanya merekam suara saja, tapi juga bisa untuk merekam video. Tapi tetap pada fungsi dasarnya, yaitu untuk memperbagus kualitas suara. Artinya, jika anda membuat atau merekam video nyanyi anda maka aplikasi ini akan memperbagus suara nyanyian anda.

3. Menentukan Beat atau Musik Pengiring
Keren nih, aplikasi yang satu ini sudah dilengkapi dengan musik pengiring gratisan dari voloco. Jika anda ingin menggunakannya anda bisa memilih Volco Beat, namun jika anda ingin menggunakan pengiring musik hasil karya anda sendiri silakan klik Browse. Tapi ingat, aplikasi ini hanya akan merombak suara rekaman anda, bukan suara musik pengirinya. Hmmm…. kayaknya cocok nih buat youtuber yang suka terkendala dengan copy right musik latar belakang.

4. Memilih efek suara rekaman anda
Nah ini yang esensinya, waduh bahasanya kok kaya politisi mumet ya. Hehe….
Gara-gara sering nonton berita politik jadi kaya gini nih. Maksudnya inilah fungsi utama dari aplikasi auto tune voloco ini. Anda bisa melakukan pengaturan terhadap rekaman suara anda agar kualitasnya lebih jernih, lebih merdu dan lebih-lebih yang lainnya deh.


Ada 5 hal penting yang perlu anda perhatikan pada pengaturan ini, simaka berikut ini :

  1. Pada menu Key, anda dapat mengatur kunci dasar, tangga nada, dan juga tempo pada musik anda.
  2. Pada menu Effect anda dapat memilih efek yang ingin digunakan. Anda hanya dapat menggunakan set effect Starter. Untuk set effect lainnya, anda harus membeli lisensi full.
  3. Pada set effect “Starter”, pilih Hard Tune atau Natural Tune untuk memberikan efek Auto-Tune pada suara. Natural Tune akan memperbaiki nada suara anda dengan lebih natural.
  4. Pilih menu Mixer untuk mengatur lebih lanjut rekaman suara dengan sesuka hati.
  5. Menu Mastering memiliki 3 opsi, yaitu Compressor, Equalizer, serta Reverb. Ketiga opsi tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas suara serta memberi efek lebih lanjut.

5. Merekam dan Menyimpan Suara
Nah, sekarang pengaturan sudan siap. Lanjut deh dengan merekam dan menyimpan hasil rekamana anda. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
Klik tombol Play berwarna biru di kanan bawah layar agar dapat memainkan backing track atau musik pengiring yang sudah anda pilih.

  1. Lalu, klik tombol Record berwarna merah dan mulailah merekam suara ataupun video.
  2. Kalau sudah, klik tombol Stop untuk menghentikan rekaman, kemudian anda akan masuk ke layar selanjutnya.
  3. Pada layar Preview, anda dapat mendengarkan hasil rekaman yang telah anda buat.
  4. Kemudian, klik ikon Save di kiri bawah untuk menyimpan rekaman suara atau video anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa langsung membagikan rekaman tersebut dengan cara meng-klik ikon Share di bagian kanan bawah layar.

Demikian cara membuat suara lebih jernih dengan auto tune, dengan cara ini anda akan lebih PD untuk membagikan rekaman suara anda ke sosial media. Sangat mudah dan praktis tentunya. Silakan anda coba dan perlihatkan hasil karya anda kepada teman-teman di jagat maya.