Penjelasan 5 Komponen Bisnis Online Sebagai Konsep Dasar Penjualan

 Menjadi pelaku dalam bisnis online anda harus tahu tentang 5 komponen bisnis online terlebih dahulu sebagai pondasi dan konsep dasar anda. 

Dalam artikel kali ini sudah saya siapkan beberapa komponen bisnis online untuk anda, namun sebelumnya bagi yang belum tahu banyak mengerti mengenai bisnis online bisa simak penjelasan dibawah ini terlebih dahulu.

Bisnis Online terdiri berasal dari 2 kata yaitu Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu bisnis atau aktivitas yang dijalankan oleh grup maupun individual, untuk meraih laba bersama cara memproduksi product maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. 

Sedangkan kata Online menurut kamus.web.id adalah suatu kesibukan yang terhubung lewat jaringan computer yang mampu dibuka lewat jaringan komputer lainnya.

bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang ditunaikan di media internet untuk membuahkan uang. 

Seperti halnya sebuah aktivitas bisnis di kehidupan nyata, usaha online yang di laksanakan via Internet ini pun memiliki tujuan yang serupa yakni menghasilkan suatu keuntungan.

Bisnis Online Murni

Yang dimaksud dengan bisnis online murni adalah bisnis online yang tidak memerlukan bisnis offline, jenisnya bermacam-macam. 

Yang paling mudah dijumpai adalah bisnis online berbasis konten. Yakni membuat website atau blog kemudian dipasangi iklan baik iklan PPC (pay per click) seperti Google Adsense, iklan afiliasi seperti Amazon, maupun iklan mandiri.

Termasuk bisnis online murni adalah membuat toko online. Murni online, tanpa adanya toko nyata sebelumnya. Jangan salah sangka, meskipun tanpa toko dan gudang secara fisik, toko online mampu meraup omset besar. 

Sebagai contoh, sebuah blog yang baru didirikan sekitar satu tahun dan alexa-nya sekitar 1.200.000, omsetnya telah mencapai Rp 450 juta sehari. Fantastis!


Bisnis online murni yang lain misalnya adalah membuat software, startup, template, atau plugin dan kemudian dijual secara online. Bayangkan saja, sebuah template di Themeforest bisa terjual 10.000 copy @ $48. Berarti omsetnya mencapai $480.000. Luar biasa!

Bisnis Online Pendukung

Bisnis online pendukung maksudnya adalah bisnis online yang difungsikan sebagai penunjang bisnis offline yang telah ada, atau sebagai sarana marketing. Misalnya sebuah toko baju yang semula hanya melayani kota tertentu. 

Dengan membuat toko online, customer-nya menjadi jauh lebih luas dan tidak dibatasi oleh kota dan provinsi. Bisa lintas pulau bahkan lintas negara.

Seorang teman yang memiliki sebuah toko baju mengungkapkan, omset tokonya meningkat signifikan setelah ia membuat toko online. Teman lain yang seorang agen busana muslim juga mengalami hal yang sama. 

Dengan membuat toko online, toko baju yang biasanya setelah Idul Fitri sepi beberapa bulan tahun ini hampir tiap hari selalu ada pembeli  dari online.

5 Komponen Bisnis Online

1. Strategi

Komponen utama yang paling penting adalah strategi. Apa pun bisnisnya, Anda harus siap sebelum memulai bisnis adalah membuat strategi.

Jadikan strategi ini mencakup semua aspek. Berdasarkan penentuan produk, target pasar penuan, sampai pencapaian manfaat yang ingin Anda capai. Tanpa lupa, ibukota akan digunakan. 

Semuanya harus diperbaiki dengan hati-hati, dan terdaftar secara detail. Terdaftar dengan baik secara manual dalam kitab Tuis. Atau ditulis menggunakan aplikasi pemrosesan dokumen.

Intinya membuat strategi harus dilakukan dengan hati-hati. Kemudian, ketika memulai bisnis, ia memiliki referensi dalam pengembangan produk.

2. Product

Komponen yang kedua untuk sebuah bisnis online adalah adanya produk yang dijual  dan dapat memberikan solusi atas keluhan yang calon pembeli sedang dimasalahkan.

Product yang dimaksut dapat berupa sebuah barang fisik,jasa,atau sebuah akun yang selanjutnya dapat didistribusikan atau dipasarkan kepada calon pembeli anda

Dalam pemilihan product perlu anda ketahui dalam beberapa aspek untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan harus dipikirkan secara matang.yang anda perlukan dalam pemilihan produk adalah sebagai berikut.

  • Produk harus memberikan solusi untuk calon pembeli
  • Harus ada target calon pembeli
  • Riset harga dan memiliki harga
  • Memiliki kualitas yang baik
  • Siapkan garansi untuk produk yang akan anda jual secara online

3. Media Jualan Online

Media atau tempat jualan online yang lebih sering disebut Platform adalah salah satu komponen yang wajib dalam suatu bisnis online anda.Karena calon pembeli anda mayoritas mencari suatu produk yang diinginkan melalui sebuah  platform

Ada beberapa opsi yang harus anda pilih untuk menentukan bisnis onine anda berjalan secara maksimal dengan memilih platform .Berikut pilihan platform untuk bisnis online

  1. Website
  2. Media sosial
  3. Marketplace

Ketiga pilihan platform diatas bisa anda pilih salah satunya untuk tempat anda menjual produk secara online,namun apabila sudah berjalan lama bisnis yang anda jalankan maka anda bisa gunakan ketiga platform tersebut.

Konsep dasar yang perlu anda lakukan ketika menggunakann ketiga platform tesebut adalah dengan memeulai Branding produk anda dengan cara mengenalkan melalui media sosial terlebih dahulu kemudian jika ada yang beli menjadi nilai plus.

Setelah anda mendaptkan Branding dan memiliki banyak ulasan buat testimony lalu mulai jualan online melalui website atau marletplace.

4. Audience atau calon pembeli

Belum lengkap dan tidak akan sukses sebuah bisnis kalau belum memiliki sebuah audience atau calon pembeli,karena mereka adalah kentungan bentuk nyata berupa uang yang telah anda tentukan melalui strategi dan harga jual produk.

Untuk menentukan calon pembeli anda perlu sebuah riset terlebih dahulu dan mengumpulkannya menjadi sebuah database .Untuk urutan cara risetnya adalah sebagai berikut

  • Riset audience
  • Target usia audience
  • Jenis kelamin calon pembeli
  • Pekerjaan
  • Kebiasaan
  • Pendapatannya
  • Dan hal yang sering dicari audience

5. Pemasaran

Hal terakhir komponen yang perlu anda lakukan sebagai pelaku bisnis online adalah melakukan pemasaran online.

Komponen ini adalah yang paling penting ketika anda menjual produk secara online, karena tanpa adanya pemasaran produk anda malah akan menjadi sebuah pajangan saja .Teknik pemasaran yang paling popular dalam dunia bisnis online adalah secara pengiklanan

Iklan merupakan sebuah tulisan (caption,ajakan untuk membeli,atau sebuah kata solusi),dan bisa berupa video singkat yang mengenalkan produk atas apa yang menjadi keluhan calon pembeli dan kemungkinan besar ada yang akan membelinya

Ada beberapa platform untuk pengiklananyang paling popular yaitu

  1. Facebook & Instagram Ads
  2. Google Ads

Dalam menggunakan kedua platform tersebut anda perlu manyiapkan sebuah persiapan dalam membuat iklan entah itu berupa tulisan atau berupa video atau yang lebih sering disebut Content Marketing.

Apa itu conten marketing? adalah strategi pemasaran untuk pengiklanan dari merencanakan,membuat,juga mendistribusikan konten iklan kepada target audience.

Itulah 5 komponen bisnis online yang perlu anda ketahui dan sangat berperan penting, terus belajar dan dapatkan pengalaman sebagai internet marketing. Adapun cara menarik lainnya yaitu di website yang membagikan berbagai tips dan trik menarik serta bermanfaat ada di https://www.qillasoft.com. Semoga Bermanfaat.