Khasiat Buah Pisah untuk Mengatasi Berbagai Penyakit dan Manfaat Kesehatan

   Wastu tutorial - Khasiat Buah Pisang, buah pisang adalah salah satu jenis buah yang paling banyak digemari orang. Buah pisang berasal dari asia tenggara dan kemudian dibawa oleh penyebar agama Islam ke wilayah Afrika Barat, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Lalu buah pisang menyebar ke daerah tropis dan subtropis diseluruh dunia. Dan Indonesia sendiri untuk saat ini merupakan negara ke 4 penghasil buah pisang terbesar di dunia.

Lanjut lagi buah pisang Biasanya disajikan untuk hidangan pencuci mulut karena beberapa orang meyakini khasiat buah pisang dapat menghilangkan bau mulut. Tapi sebenarnya khasiat buah pisang sangatlah banyak terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kita, dan itu pun dilihat dari banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah pisang.
Seperti yang dikatakan tadi kandungan bermanfaat dalam buah pisang sangatlah banyak, seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan air. Buah pisang juga mengandung 3 gula alami, yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Khasiat Buah Pisang

Khasiat Buah Pisang

Dilihat dari banyaknya kandungan dalam buah pisang, tentu saja khasiat buah pisang dapat kita dapatkan terutama untuk kesehatan tubuh kita. Dan berikut adalah khasiat buah pisang yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita:
  1. Khasiat buah pisang dapat mengatasi diare dan sembelit, ini karena buah pisang mengandung serat yang dapat membantu fungsi saluran pencernaan. Selain serat, kandungan potasium dalam buah pisang juga sangat baik untuk penderita diare. Buah pisang juga mengandung pektin, pektin adalah salah satu jenis serat yang larut dalam air.
  2. Khasiat buah pisang dapat mencegah anemia, ini karena zat besi yang terkandung dalam buah pisang sangat tinggi. Dan zat besi ini dapat membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.
  3. Khasiat buah pisang dapat mencegah alergi. Tidak seperti makanan lainnya yang mengandung asam amino yang dapat menyebabkan alergi. Buah pisang mengandung asam amino jinak dan dalam banyak kasus asam amino jinak ini tidak menyebabkan alergi.
  4. Khasiat buah pisang dapat mengobati gangguan pada usus. Apabila buah pisang dicampurkan dengan susu cair, maka dapat mengobati penyakit usus dan juga dapat menetralkan asam lambung.
  5. Khasiat buah pisang dapat meningkatkan fungsi ginjal, ini karena buah pisang mengandung potasium dan mempunyai efek baik bagi ginjal. Jadi ketika tubuh kita mendapatkan cukup potasium, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dan urin. Kondisi ini akan membuat ginjal kita tetap berfungsi dengan baik dan juga mengurangi resiko terkena batu ginjal. Buah pisang juga memilki tingkat senyawa antioksidan yang tinggi dan berperan aktif untuk membantu melindungi ginjal.
  6. Khasiat buah pisang dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, ini karena buah pisang adalah sumber kalium yang dapat membantu menjaga tubuh dan keseimbangan elektrolit cairan yang terdapat didalam tubuh dan juga membantu mengontrol tekanan darah, sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke. Penelitian juga menunjukan, bahwa jika kita mengkonsumsi buah pisang secara rutin maka dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke sebesar 40%.
  7. Khasiat buah pisang dapat membantu menambah energi, ini karena buah pisang mengandung fruktosa, glukosa dan sukrosa. Kandungan ini lah yang dapat meningkatkan energi secara instan. Dan ini juga alasan kenapa banyak atlet sering mengkonsumsi buah pisang.
  8. Khasiat buah pisang dapat meningkatkan mood, ini karena buah pisang mengandung tryptophan, salah satu asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin. Serotonin sendiri adalah hormon yang dikenal dapat mengatasi depresi dan meningkatkan mood.
  9. Khasiat buah pisang dapat meningkatkan fungsi otak, ini karena buah pisang mengandung kalium. Dan kalium sendiri adalah sumber yang baik untuk meeningkatkan fungsi otak.
  10. Khasiat buah pisang dapat mebantu memperkuat tulang, ini karena buah pisang mengandung prebiotik yang disebut dengan fructooligosaccharide, dan ini memungkinkan tubuh kita dapat menyerap nutrisi dengan mudah, juga membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga membuat tulang kita tetap kuat. Kandungan potasium dalam buah pisang juga membantu mencegah hilangnya kalsium, dan hal ini dapat membuat kita memiliki resiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.
  11. Khasiat buah pisang dapat menyehatkan penglihatan. Apabila kita mengkonsumsi buah pisang setidaknya tiga buah perhari, maka dapat menurunkan resiko terkena gangguan penglihatan yang berkaitan dengan bertambahnya usia atau degenarasi makula.

Selain khasiat buah pisang yang disebutkan di atas, khasiat buah pisang yang lainnya tentu masih banyak lagi, seperti khasiat buah pisang sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang sangat mudah diserap oleh janin melalui rahim sang ibu. 
Berbagai penelitian juga dilakukan untuk mengembangkan khasiat buah pisang yang lainnya. Seperti halnya khasiat buah pisang yang dapat membantu menyembuhkan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning dan polio. Para peneliti telah mencoba pada relawan, dimana diperlihatkan 10% tekanan darah menurun karena mengkonsumsi dua buah pisang perharinya. Banyak orang mengatakan juga khasiat buah pisang dapat membantu orang untuk berhenti merokok, ini karena buah pisang memilki kandungan nutrisi seperti vitamin A1, B6, B12, C, magnesium dan kalium yang membantu menarik nikotin dalam tubuh